Pusva's Blog

Just another WordPress.com weblog

KEPUTIHAN =FLUOR ALBUS

on October 2, 2009

Keputihan dalam istilah kesehatan disebut fluor albus atau leukorrhea adalah keluarnya cairan kental dari liang senggama.Cairan kental tersebut dapat bervariasi dalam wujudnya (lembek atau mengarah cair), warna dan bau. Keputihan biasanya banyak dialami wanita usia produktif / subur. Tapi, tak menutup kemungkinan bisa terjadi pada anak-anak dan usia tua.

Apakah setiap cairan yang keluar dari liang senggama dikatakan penyakit? Terus kapan dikatakan keputihan normal ? Memang saat-saat tertentu vagina akan mengeluarkan cairan yang mutlak diperlukan guna membasahi dinding vagina agar selalu bersih. Cairan ini berasal dari saluran kelamin maupun dari dinding selaput lendir rahim. Fungsinya adalah sebagai pelumas saat berhubungan dan menjaga keasaman vagina sehingga bisa mencegah terjadinya infeksi.

Gejala fluor albus atau keputihan yang normal seperti diatas biasanya cairan jernih, tidak berwarna, tidak gatal dan jumlah cairan bisa sedikit atau sedang. Keluar cairan tersebut saat masa-masa sebelum haid, sesudah haid, pada pertengahan siklus atau pada saat ovulasi, serta saat mendapat rangsangan seks.

Cairan dikatakan abnormal atau keputihan patologis jika terjadi di luar masa-masa tersebut disertai perubahan warna, bau, dan keluar dengan jumlah yang agak berlebihan. dan biasanya ada rasa gatal atau panas, dan sakit saat buang air kecil atau saat berhubungan.

Kenapa bisa timbul, apa penyebab Keputihan?

Penyebab utama fluor albus abnormal adalah infeksi daerah genital. Bisa infeksidi daerah vulva, vagina, mulut rahim, selaput lendir rahim, dan saluran telur. Infeksi ini bisa berwujud jamur, kuman, dan hewan bersel satu.Penyebab lainnya adalah kondisi tubuh yang menurun, perubahan hormon tubuh, dan masuknya benda asing.

Bagaimana pengobatan keputihan?

Tentunya sebelum pengobatan adalah diteggakkan dulu penyakit tersebut dan penyebabnya.Apakah jamur, bakteri, atau sebab yang lainnya. Dan segera konsultasikan ke dokter kandungan Anda. Jangan menundanya sampai parah,karena mengingat dampaknya, infeksi bisa naik ke saluran atas yang lebih berbahaya efeknya.

Patut juga diperhatikan kondisi umum tubuh, apakah ada faktor-faktor yang menyebabkan mudahnya terjadi infeksi. seperti adanya penyakit kencing manis atau diabetes yang tidak terkontrol kadar gulanya.

pencegahan lebih baik dari pengobatan.Beberapa kiat yang bisa kita lakukan antara lain :

  1. dalam penggunaan pakaian dalam harus diperhatikan, yaitu yang bersih, tidak ketat, dan mudah menyerap keringat.
  2. Seringlah berganti pembalut saat haid
  3. Hindari menggunakan pembersih vagina. Jika tak sedang menderita keputihan, bersihkan vagina dan sekitarnya cukup dengan air bersih saja, tidak usah yang mengandung sabun/ antiseptik .(Dikhawatirkan merusak kuman yang baik).
  4. Berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa kuman apa yang menginfeksinya dan meresepkan antibiotika atau anti jamur yang sesuai. Jangan malu jika tak mau terjadi bencana.
  5. Yang utama dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan pribadi (personal hygiene), terutama organ reproduksi.

sumber :konsultasikesehatan.net


2 responses to “KEPUTIHAN =FLUOR ALBUS

  1. Terimakasih Ya Sudah kasih Ilmu Tentang KEPUTIHAN, NAMUN SAYA DAN KAUM WANITA TIDAK USAH KWATIR kini TELAH DITEMUKAN OBAT KEPUTIHAN YANG MUJARAB sekaligus SEBAGAI PERAPAT Miss.V yAITU….Crystal-x Asli Solusi Keputihan

    selamat mencoba dan MERASAKAN KEUNIKANNYA…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: